Solid GoldSolid Gold – Belasan pipa PDAM Kabupaten Kudus bocor jelang, saat dan dua pekan paska Lebaran. Kondisi tersebut disebabkan besarnya tekanan air di jaringan distribusinya untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan untuk hari raya. Padahal, sebagian pipa sudah berusia lebih dari 15 tahun dan sudah saatnya diganti.

Direktur PDAM Achmadi Safa mengemukakan, pengoperasionalan pompa produksi dan peningkatan tekanan dalam pipa jaringan distribusi dilakukan dengan mempertimbangkan lonjakan kebutuhan air bersih saat Lebaran. “Tahun ini di luar perkiraan, kenaikan mencapai 100 persen,” imbuhnya.

Bila biasanya setiap bulan hanya memproduksi 900 ribu meter kubik, saat Lebaran tahun ini pihaknya menggenjot produksi hingga 2 juta meter kubik. Namun ternyata, antisipasi berupa peningkatan tekanan air dan peningkatan jam operasional mempunyai dampak.”Belasan pipa pecah dan bocor masuk wilayah Kecamatan Undaan,” katanya.

Kebocoran paling besar terjadi pada pipa utama di tiga titik arah Desa Glagahwaru, serta di sekitar Sungai Bakinah Desa Wates. Selain itu kebocoran ditemukan di sejumlah titik saat ujicoba sistem distribusi pelayanan ke beberapa desa di Undaan. “Setelah lebaran kami menerima banyak pengaduan dari pelanggan di Undaan,” jelasnya.

Sebagian besar pengaduan terkait distribusi air yang kecil dan tidak lancar. Menyikapi hal tersebut, pihaknya turun tangan dan melakukan pengecekan dengan melakukan ujicoba sistem distribusi. “Ternyata banyak kita temukan pipa bocor. Hingga akhir pekan kemarin masih kita temukan kebocoran,” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu penyebab kebocoran diduga akibat tingginya tekanan air saat puasa dan lebaran, kurang terantisipasi dengan baik usai hari raya hingga sepekan setelah lebaran.

Sementara dorongan kuat air masih dibutuhkan khususnya untuk distribusi ke Desa Kutuk, Kalirejo dan Lambangan, karena jangkauannya jauh dari tempat penampungan air (reservoir). “Akibat kuatnya tekanan, di saat pemakaian air sebagian besar pelanggan desa lain mulai turun, pipa akhirnya tak kuat menahan beban,” paparnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s