Solid Gold– Tangerang Leopard Wisnu Kumala terdakwa kasus peledakan bom di Mal Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten dituntut 10 tahun kurungan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Senin (25/7/2016).

Tindakan terdakwa dinilai masuk tindakan teror yang menyebabkan ketakutan serta menimbulkan korban. Dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dari JPU itu, orangtua terdakwa Leopard tampak hadir dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Ketut Sudira.

Tak jauh berbeda dengan berkas dakwaan, dalam berkas tuntutan JPU dari Kejaksaan Negeri Tangerang terdakwa dinyatakan bersalah atas empat ancaman bom. Dua di antaranya berhasil meledak di toilet dan menimbulkan korban luka di Mal Alam Sutera.

JPU menuntut terdakwa Leopard dengan 10 tahun kurungan penjara, karena melanggar Pasal 6 , Pasal 7 dan Pasal 9 Undang- undang Nomor 15 Tahun 2003, tentang Tindak Pidana Terorisme. Dia mengatakan, pertimbangan tuntutan tersebut disebabkan oleh beberapa hal.

“Ada beberapa hal memberatkan. Tindakan terdakwa dapat menimbulkan keresahan dan ketakutan masyarakat umum, dan menimbulkan korban luka, ” kata Erlangga.

Erlangga menambahkan, perbuatan Leopard juga jelas merupakan praktik terorisme yang merupakan kejahatan melawan pemerintah.

“Perbuatan terdakwa juga tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana terorisme,” kata Erlangga.

Secara khusus, kuasa hukum dari tim pembela muslim, Nurlan mengajukan izin untuk terdakwa menjenguk istrinya yang baru saja melahirkan anak kedua. Namun tidak diizinkan majelis hakim dengan alasan tindakan terdakwa atas teror.

Sedangkan, saat Ketua Majelis Hakim Ketut Sudira menanyakan kepada pelaku tentang tuntutan jaksa, terdakwa mengatakan, akan melakukan nota pembelaan.

“Saya akan melakukan pembelaan Pak Hakim,” ujar Leopard.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s