Solid GoldSolid Gold – Jakarta Diaspora Indonesia Ima Matul Maisaroh, seorang survivor human trafficking akan berpidato dalam konvensi Partai Demokrat AS. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC memberi dukungan.

Dalam rilis KBRI Washington DC yang diterima detikcom, Selasa (26/7/2016), Konsulat Jenderal RI di Los Angeles Umar Hadi telah berkomunikasi dengan Ima. Umar memberi ucapan selamat atas kesempatan Ima berbicara di konvensi bergengsi tersebut.

Perwakilan RI di AS selama ini menjaga hubungan baik dengan Ima yang menjadi diaspora Indonesia. Ima diketahui pernah memberi pelatihan tentang human trafficking kepada staf KJRI pada April 2016 lalu.

KBRI Washington DC mengatakan, Indonesia berbangga diaspora seperti Ima bisa berkontribusi dalam isu-isu yang sangat penting. WNI atau diaspora Indonesia diharapkan dapat terus berkiprah demi kepentingan Indonesia di manapun berada.

Berikut keterangan lengkap KBRI Washington DC:

KETERANGAN PERS
KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA DI WASHINGTON DC

Terkait pemberitaan adanya warga keturunan Indonesia, Sdri Ima Matul Maisaroh yang akan berbicara di Konvensi Partai Demokrat, tanggal 26 Juli 2016, berikut disampaikan penjelasan:

1. Perwakilan RI di AS (KBRI dan KJRI LA) mendengar dan mengikuti pemberitaan tersebut. Dari komunikasi KJRI LA dengan Sdri. Ima Matul Maisaroh, diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan mendapatkan undangan untuk berbicara di Konvensi Partai Demokrat,

2. Sdri. Ima Matul Maisaroh adalah diaspora Indonesia yang saat ini sudah berkewarganegaraan AS dan tinggal di Los Angeles. Konjen RI di LA, Sdr. Umar Hadi, telah berkomunikasi dengan yang bersangkutan dan mengucapkan selamat atas kesempatan yang bersangkutan berbicara di Konvensi. Sdri. Ima Matul Maesaroh adalah “survivor” human trafficking dan saat ini aktif di LSM CAST (Coalition for Anti-Slavery and Trafficking) di LA.

3. Perwakilan RI di AS, dalam hal ini KJRI, senantiasa menjaga hubungan baik dengan Sdri. Ima Matul Maisaroh. Yang bersangkutan pernah diundang untuk seminar perlindungan hak perempuan pada tahun 2015 dan berkesempatan pula memberikan pelatihan tentang human trafficking kepada staf KJRI, bulan April 2016.

4. Sebagaimana diketahui, Konvensi Partai baik Republik dan Demokrat adalah ajang untuk mengkonsolidasikan partai dan mengkomunikasikan platform partai. Isu human Trafficking merupakan bagian isu yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat, sebagaimana isu-isu HAM lainnya.

5. Bagi Perwakilan RI di AS, sebagaimana telah disampaikan selama ini, WNI atau diaspora Indonesia diharapkan dapat terus berkiprah demi kepentingan Indonesia di manapun diaspora Indonesia berada. Tentu kita sebagai bangsa Indonesia, bisa berbangga diaspora Indonesia memberikan kontribusi dalam isu yang sangat penting yaitu human trafficking, sebagaimana yang dilakukan diaspora Indonesia yang berkiprah di PBB, World Bank, dan IMF maupun organisasi internasional lainnya.

6. Terkait isu human trafficking yang diusung, isu tersebut juga merupakan kepentingan nasional Indonesia. Isu perlindungan domestic workers yang terkait dengan isu human trafficking merupakan salah satu prioritas Polugri dan kabinet saat ini. Hal ini akan terus diperjuangkan Indonesia baik di tingkat nasional, ASEAN maupun forum multilateral.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s