Solid GoldSolid Gold – Daniel Mananta berhasil mengembangkan bisnis di bidang fesyen lewat merek Damn! I Love Indonesia. Namun seiring perkembangan teknologi, rupanya banyak ancaman menghampiri usahanya tersebut.

Salah satu yang membuat Daniel geram adalah munculnya online shopyang menjual merek bajakannya dengan harga miring. Karena memang cukup mudah bagi pelaku untuk mem-printing kaos dengan logo yang sama.

“Banyak toko online jual merek bajakan baju gue dengan harga sepuluh persen lebih murah dari harga asli. Itu susah banget dikontrol,” curhat Daniel saat ditemui di launching The Big Start Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (25/7).

Ada usaha Daniel untuk mengurangi pembajakan atas produknya tersebut. Salah satunya membuat laporan agar online shop itu ditindak. Namun setelah satu berhasil ditutup, muncul online shop lain.

“Pernah gue tangani, hilang sehari doang. Besoknya muncul lagi dengan akun dan alamat e-mail baru. Begitu terus,” keluhnya.

Daniel menganggap maraknya online shop yang menjual barang bajakan dikarenakan tidak adanya kurasi. Sehingga siapa pun bebas melakukan transaksi jual beli asal ada konsumen yang berminat.

“Permasalahan online shop ya seperti itu, tidak ada kurasi. Kalau dibiarkan malah meningkatkan pembajakan,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s